Senin, 24 Agustus 2009

Don't Be Angry

Saya lagi antri di tempat gaul saya sehari-hari, Alfamart. Antri di kasir maksudnya. Cuma beli creamer sebungkus dan voucher selembar. Di depan saya, ada ibu-ibu yang belanjaannya pritil-pritil tapi banyaaaaak.. kayak anak kos hehe.. (biasanya kan ibu-ibu belinya minyak goreng, margarin, susu, gula, kopi dll, nah ibu-ibu ini cuma beli refill bedak padat, obat sakit perut dan sakit kepala, permen-permen dll). Aneh aja, emak gue kalo beli begituan nggak bakal ke minimart deh, paling cuma ke warung doang, hehe.. dasar rumpi.

Nah, saya kan cuma belanja dikit, jadi nggak pake keranjang. Belanjaan saya taruh di meja kasir. Si Mbak Kasir bermaksud mengingatkan saya untuk memegang belanjaan saya agar nggak bercampur sama pritil-pritilnya si ibu tadi. 

Mbak Kasir: "Mbak, belanjaannya yang mana?"

Saya: "Yang ini doang ama voucher.."

Ibu Pritil: *membanting bungkus-bungkus obatnya ke meja kasir* "Ini apa-apaan sih? Saya duluan dong! Saya udah ngantri dari tadi kok jadi Mbak yang di belakang saya duluan? Saya juga pelanggan di sini!"

Mbak kasir: *pucet dan bingung*

Saya: "Mbak ini cuma minta saya misahin belanjaan saya bu.." (dalam hati: coba ni ibu ketemu saya 10 tahun yang lalu ya, waktu darah muda saya lagi gampang mendidih, pasti udah saya semprot abis-abisan karena seenaknya nuduh!)

Mbak kasir: "Iya bu.. kan saya juga lagi ngitung belanjaan ibu.."

Ibu Pritil: "Ah, kamu tadi nanya belanjaannya mbak ini!"

Tau-tau dateng temennya si ibu Pritil, pake baju you can see. Kayaknya mau ngebelain.

Ibu Yukensi: "Kenapa sih?" wiiih... peace bu.. nggak kuat liat lengannya, gede boow.. 

Ibu Pritil: "Ini nih.. orang lagi ngantri kok tau-tau orang lain yang diduluin."

Saya: "Saya ngak minta diduluin kok. Mbak ini cuma nanya belanjaan saya yang mana, supaya nggak kecampur ama belanjaan ibu.."

Ibu Pritil: *diem aja sambil cemberut*

Mbak Kasir: *melanjutkan menghitung belanjaan si Ibu Pritil pake bar scanner tanpa bersuara* --ya eyalah.. biasanya juga gak pake suara kaliiii--

Setelah membayar belanjaannya, Ibu Pritil dan Ibu Yukensi cabut buru-buru.

Mbak Kasir: *menghitung kembalian sambil nutup laci* "Lho.. Bu.. Kembaliaannya nih.."

Tapi mereka udah keburu keluar dari Alfamart, dilongok-longok di parkiran juga udah gak ada. Kayaknya jalannya ngebut banget tuh.

Saya: "Tengsin kali Mbak.. udah ngomel-ngomel nggak taunya salah paham.."

Mbak Kasir: "Iya, saya ampe bingung tadi.. kok tiba-tiba marah-marah.."

Antrian di belakang saya: *berisik menceritakan kronologi kejadian tadi sambil manggut-manggut*

Moral of the story:
Kalo nemu masalah, cerna dengan kepala dingin. Nggak usah marah-marah dulu. Karena emosi biasanya sering berujung jelek. Contohnya, ibu tadi, gara-gara ngomel ngga jelas, jadinya nggak nerima kembalian deh.. 

Buat teman-teman seperjuangan di dBCN:
Barang kosong? Starterkit belum sampe? Telpon ke CC lama diangkat? Nggak usah marah-marah. Tungguin aja sambil senyum. Dijamin setiap masalah yang dihadapi dengan senyum dan kesabaran akan terselesaikan dengan baik.
Rada jauh yaaa nyambunginnya, tapi tetep nyambung kaaaan... :P

*Postingan berunsur curhat yang penuh kebanggan karena ternyata saya sekarang jauuuuh lebih sabar dan bisa mengendalikan emosi. Insya Allah.*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar