Rabu, 04 Maret 2009

d'BC Network


Hampir sebulan saya bergabung dengan Oriflame melalui d'BC Network, tapi pengetahuan yang saya dapatkan amat banyak. Makasih banget buat teman saya Dietra yang udah 'menghasut' untuk gabung. Sebenarnya ajakannya cuma trigger aja sih buat saya, karena 1,5 tahun sebelumnya saya sudah jadi member BundaInBiz Newsletter, yang pemiliknya adalah buyutnya buyutnya buyut saya (upline yang jauuuuh di atas saya) di bisnis Oriflame ini, Nadia M. Yuniardo, hiks.. Jadi kesannya saya keduluan teman saya yang justru gak tau-tau amat tentang Nadia. Saya udah mempelajari dikit-dikit tentang online business dari newsletter tersebut, malah gara-gara itu jadi iseng bikin blog pribadi dan keranjingan ngeblog sampai sekarang.

Walau belum sesukses teman-teman lain di d'BC Network (salah satu jaringan Oriflame tempat saya bergabung), tapi saya semangat sekali menjalani bisnis ini. Soalnya ternyata semuanya nggak sesulit yang saya bayangkan.
Pertama saya bergabung, saya langsung diajari bermacam-macam pengetahuan yang nantinya akan jadi 'pegangan' saya dalam menjalankan sistem marketing di d'BC Network. Ada online trainingnya yang sudah dikemas dalam bentuk E-Book, [sekali lagi catat, training ONLINE lho..] berarti kan saya bisa belajar sendiri di rumah, nggak perlu capek-capek janjian ketemu trainer, hehe.. *dasar mantan anti-social*

Jadi kita tinggal mendisiplinkan diri sendiri aja.. mau nggak memperkaya diri dengan pengetahuan? Hasilnya buat siapa? buat kita sendiri dong! Kalau modal ilmunya sudah nempel di kepala, kan lebih PeDe buat prospekin orang. Prospek tertarik, terus bergabung, berarti kita punya downline. Kalau udah punya downline, berarti kita sudah memulai JARINGAN kita sendiri.
Mbak-mbak 'buyut' kita di atas sana memulainya juga dengan satu downline dulu lho, hmm.. *ngebayangin asyiknya punya jaringan yang besar dan produktif*

Asyiknya lagi, di d'BC Network kita bisa tukeran ilmu, tips dan trik dalam membangun jaringan melalui FORUM-nya. Tadinya saya pikir bakal sulit beradaptasi dengan teman-teman di network ini. Sekali lagi, saya salah tuh.. Forumnya santai, info yang didapat banyaaaak banget membantu dalam bermarketing. Bahkan saking santainya, kita nggak melulu ngobrolin sistem marketing. Tapi juga bertukar info tentang produk Oriflame yang sedang kita incar [nunggu diskon], pakai, atau tawarkan ke klien. Info stok produk, di cabang mana aja kita bisa mencari produk yang sedang kosong, bahkan minta testimonial mereka yang udah pernah pakai produk yang ingin kita/klien coba. Semuanya saya lakukan sambil dasteran dan selonjoran di tempat tidur dengan laptop di hadapan saya, hehe..

Contoh, saya pernah baca di forum ada salah satu member yang bingung ketika ditanya pembeli, parfum Oriflame apa yang aromanya paling enak. Begitu dilempar ke forum, wuiih.. yang membantu menjawab banyak lho, sampai ke parfum apa yang aromanya tahan lama, parfum mana yang justru aromanya makin cihuy kalau udah dipakai seharian, dan ada juga yang secara fair menjelaskan parfum mana aja yang aromanya biasa-biasa. Jadi karena sama-sama penjual, nggak ada tuh istilah nutup-nutupin informasi. Ini kan berguna banget.

Intinya, saya beruntung banget bisa bergabung dengan teman-teman saya di sini. Waktu yang dipergunakan nggak boros, tapi info dan keuntungan yang didapat nggak terbatas. Terima kasih d'BC Network!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar